Senin, 05 Januari 2009

back off!!

Kenapa ya di hari-hari belakangan ini orang semakin tidak peduli dengan keadaan lingkungannya? Bukan hanya masalah bagaimana agar tidak berkontribusi terhadap global warming, tapi juga masalah sesama manusia, masalah kemanusiaan.

Sekarang ini berita yang paling santer diliput di televisi atau media pemberitaan manapun adalah agresi militer Israel ke Palestina. Hal ini seharusnya membuat banyak orang sadar akan apa yang sebenarnya terjadi. Tak perlu bertanya lagi tentu mereka akan mengetahui pihak mana yang bersalah dalam agresi militer tersebut. Tapi sepertinya dunia teman-temanku ayem-ayem saja dengan pemberitaan tersebut. Aku tidak akan membahas atau mengambil contoh terlalu jauh. Aku mengambil contoh teman-temanku saja. Saat kemarin aku bercerita bagaimana menderitanya rakyat Palestina karena ketidakadilan yang mereka terima dari sesama penduduk muka bumi ini, tanggapan mereka hanya simpel. Sebenarnya aku juga tidak mengharapkan tanggapan yang cukup dramatis dari mereka, tapi dalam kesimpelan yang mereka tunjukkan kemarin, aku tidak melihat ada rasa kasihan atau perhatian sedikit saja terhadap apa yang menimpa rakyat Palestina.

Apakah karena dunia semakin tua maka manusianya pun semakin digerogoti rasa kemanusiannya, rasa kasihannya antar sesama, dan perhatiannya yang seharusnya ditunjukkan pada orang yang menderita? Entahlah. Aku juga tidak bisa menjawab karena yang kulakukan untuk membuat penderitaan rakyat Palestina lebih ringan juga tidak bisa dianggap sebagai bantuan yang cukup berarti. Semoga Tuhan memberikan keringanan pada beban yang mereka rasakan.

Tidak ada komentar: