Jumat, 21 Juni 2013

ORDINARY PEOPLE (ASUNARO HAKUSHO)

Kalau ditanya kapan pertama kali nonton dorama atau drama dari salah satu negara di Timur Jauh, yaitu Jepang, saya harus kembali ke masa di mana saat itu saya masih kelas 1 SD. Saya ingat sekali dulu kalau tiap pulang sekolah jam 10 dan langsung nonton TV, pasti ada sebuah drama berjudul Ordinary People, bahasa Jepangnya Asunaro Hakusho. Memang saya tidak mengikutinya secara penuh. Biasa anak SD, pulang sekolah sering sekali hasrat untuk main mendominasi keinginan untuk tinggal di rumah dan menonton TV. Tapi saya ingat sekali dengan dorama ini karena saya tidak sengaja menyaksikan episode pertamanya yang sampai sekarang sangat berkesan. Drama ini diputar lagi di salah satu stasiun swasta kalau tidak salah saat saya kelas 5 SD.
Ordinary People awalnya adalah sebuah judul manga yang ditulis oleh Fumi Saimon dan memenangkan penghargaan manga sekitar tahun 1992. Fumi Saimon adalah juga penulis manga terkenal lain berjudul Tokyo Love Story yang dibuat menjadi serial TV dan sukses di pasaran. Tahun 1993, Asunaro Hakusho juga dibuat serial TVnya dengan menggunakan judul yang sama. Pemainnya antara lain: Hikari Ishida sebagai Narumi Sonoda, Michitaka Tsutsui sebagai Tamotsu Kakei, Takuya Kimura sebagai Osamu Toride, Anju Suzuki sebagai Seika Higashiyama, dan Hidetoshi Nishijima sebagai Junichiro Matsuoka. Ada nama Takuya Kimura yang saat itu belum cukup terkenal seperti sekarang dan masih di awal karirnya sebagai pemain drama. Nama Anju Suzuki mungkin juga sedikit familiar bagi beberapa penggemar dorama Jepang karena ia adalah saudara perempuan Honami Suzuki. Honami Suzuki berperan di beberapa dorama terkenal seperti Tokyo Love Story dan Channel 2. Belum lagi wajah keduanya memang mirip.
Berikut adalah perbandingan wajah mereka saat di Asunaro Hakusho dan sekitar tahun 2000an:

Hikari Ishida
 





Michitaka Tsutsui
    




Takuya Kimura
   




Anju Suzuki
   




Hidetoshi Nishijima
     





Bagaimana? Tidak banyak perubahan ya? Apalagi Takuya Kimura. 
Walaupun hanya terdiri dari 11 episode, dorama ini memiliki cerita yang mampu meninggalkan kesan yang dalam bagi para penontonnya, termasuk saya. Beberapa orang yang punya masa remaja di pertengahan tahun 90an yang saya kenal pasti berteriak-teriak girang tiap kali saya bilang bahwa saya punya episode lengkap dorama ini. Rata-rata umur mereka saat ini awal 30an, termasuk tante saya. Ternyata mereka penggemar berat dan sudah mencari serial ini sejak lama. Saya sendiri mendapatkan episode lengkap dorama ini dari seorang teman kuliah.
Alasan lain adalah mungkin karena tiap orang pasti punya kenangan di masa-masa kuliah. Entah itu dengan teman atau pacar. Begitu juga dengan serial ini yang menceritakan tentang persahabatan dan kisah cinta 5 orang mahasiswa di sebuah perguruan tinggi di Jepang. Sejak awal, Narumi menyukai Tamotsu dan cintanya ternyata tidak bertepuk sebelah tangan. Mereka pacaran. Tapi ternyata ada dua orang yang diam-diam memendam perasaan yang sama pada Tamotsu, yaitu Seika dan Junichiro. Keduanya saling mengetahui bahwa mereka mencintai orang yang sama. Sedangkan cinta Osamu pada Narumi bertepuk sebelah tangan karena ia mencintai Tamotsu. Ketiga orang ini, Seika, Junichiro, dan Osamu, bersikap seolah-olah mereka baik-baik saja.
Kisah cinta Narumi dan Tamotsu juga bukan sebuah kisah yang mulus. Hubungan yang renggang di antara keduanya pada akhirnya memberi kesempatan pada Osamu untuk masuk di antara mereka. Tamotsu yang kecewa akhirnya memilih untuk mundur dan Narumi yang selalu ingin terlihat tangguh memutuskan untuk melupakan Tamotsu. Pada akhirnya, keduanya yang tak pernah bisa melupakan satu sama lain memutuskan untuk berpisah.
Perpisahan Narumi dan Tamotsu diikuti dengan tragedi yang secara beruntun terjadi dalam kelompok kecil mereka. Diawali dengan kematian Junichiro, kemudian disusul kepergian Seika karena mengandung anak Junichiro dan memutuskan untuk pulang ke kampung halamannya. Setelah itu Osamu pun pergi ke Kenya untuk menjadi sukarelawan. Tamotsu pun memutuskan pergi dan mendaftar di universitas yang lebih prestisius. Hanya tinggal Narumi yang masih bertahan di kampus.
Mereka bertemu kembali setelah empat tahun. Banyak hal telah berubah. Namun ternyata perasaan Narumi pada Tamotsu tidak pernah lekang. Sayangnya Tamotsu telah mempunyai kekasih. Sang kekasih yang mengetahui Tamotsu ternyata masih menyimpan perasaan pada Narumi berbohong bahwa ia hamil yang kemudian membuat Tamotsu tidak bisa meninggalkannya. Saat Narumi dan Tamotsu merasa tidak ada harapan lagi untuk mereka, di saat itulah kekasih Tamotsu menyatakan bahwa ia berbohong. Narumi dan Tamotsu pada akhirnya memutuskan untuk kembali bersama.
Asunaro Hakusho sangat popular di Jepang pada zamannya. Dorama ini bahkan diputar di beberapa negara tetangga dan menuai kesuksesan yang hampir sama. Isu seperti seks bebas dan homoseksualitas memang menjadi salah satu isu sentral di dorama ini. Sebagai negara modern, anak muda Jepang mulai terbuka dengan isu-isu tersebut. Dorama ini dapat merepresentasikan pergaulan anak muda di Jepang pada saat itu.
Yang tidak kalah menarik adalah original soundtrack dari Asunaro Hakusho yang berjudul True Love dan dinyanyikan oleh Fuji Fumiya. Sampai sekitar awal tahun 2000an, saya masih sering mendengar lagu ini direquest di radio-radio anak muda yang mempunyai program khusus untuk memutar lagu-lagu bahasa Jepang. Lagu ini juga adalah satu-satunya lagu berbahasa Jepang yang lirik lengkapnya saya hapal di luar kepala.
Akhirnya, untuk yang penasaran dan tertarik, silakan menonton!

19 komentar:

Maria Sheilla mengatakan...

Halo..
Sya nonton film ini di youtube..
Apakah benar hanya 11 episode?
Krn ending nya gantung banget.. Cuma ngomong di telpon trus abis..
Bisa minta atau beli copy episode terakhir nya gak?
Krn sya cari2 gak ada..
Terima kasih..

nonick mengatakan...

Benar sekali hanya 11 episode, Mbak Maria. Hmmm.. Seingat saya endingnya bukan saat ngomong di telepon. Narumi dan Tamotsu bertemu kembali secara tidak sengaja di kampus mereka dulu kemudian menjadi sepasang kekasih.

Susan Novi mengatakan...

Saya cari kasetnya ordinary people ini ada yg punya gak?😭

Elisa Ismitasari mengatakan...

Saya ada memang lamaaaaa sekali perjuangan mencarinya lebih dari berbulan-bulan akhir ketemu jg :D

Eunike Farida mengatakan...

Haii..salam kenal:)
Saya juga nonton di youtube episode 11 tapi akhirnya hanya sampai pembicaraan di telepon.
Adakah yang bisa bantu untuk kelanjutan episodenya?
Terima kasih

agung autra maulana mengatakan...

wah manap emang mbaknya bisa dapet yg begini. saya sangat suka sekali apa lagi setelah saya bilang ke tante dan kakak saya yg ngefans kimura takuya.
kalau saya pribadi sedang mencari dorama 101st proposal. saya sangat suka sama dorama itu. kalo bisa bantu saya buat nyarinya ya, karna saya sudah browsing di internet juga ngga ketemu. sekedar link saja sudah cukup.
oke makasih sebelumnya, tetap semangat ya

Dinar Tusadiah mengatakan...

Salam kenal mb nonik :) boleh tau dong dimana yaa yg jual dvdny...susahh bener nyari dvd dorama lama yg ada kdramaa mulu kl skrg nihh. Tlg dong info nya thx ya mb nonik

fela zainal mengatakan...

Sangat suka sama postingan anda, saya baru tamat nonton di youtube. Karna kala itu 1994 saya masih 4 th.film ini sangat berkesan. Mengetahui idola saya kakei trnyata kini sudah setua itu. Hehe
Setelah nonton ini muncul pertanyaan dibenak saya.
Hidup tentu setidaknya menyimpan kenangan yang indah, bukan?
Have a nice day 😊

fahrudi ifai mengatakan...

mbak nonik, dimana dapat dvd film ini...aku pingin beli..

fahrudi ifai mengatakan...

di mana dapat dvd film ini, bisa di kasi info beli di mana. mhn infonya yaaa

iwan setiawan mengatakan...

Kalau sy nonton smpi hbs.memang terakhirnya mereka ketemu dikampus

nonick mengatakan...

Halo Mbak Eunike, Mas Agung, Mbak Dinar, dan Mas Fahrudi. Aduh maaf sekali saya baru bisa balas. Soalnya jarang buka blog. T_T Untuk linknya, sayatidak tahu. Dulu saya juga hanya mendapatkannya dari teman. Namun, di Jogja sudah banyak warnet yang punya koleksi serial ini dengan episode lengkap. Kalau kebetulan mampir ke Jogja, tinggal main ke warnet2 itu dan copy saja seluruh episodenya. :)

dindra kanza mengatakan...

Mbak, saya penasaran sama drama jepang waktu saya masih SD, klo g salah ada scene dimana pemeran cewek mengajukan pertanyaan ke tokoh cowok apa hadiah yang diberikan tokoh cowok ke tokoh cewek pertama kali, si cowok jawabnya salah terus, akhirnya si cewek mengikatkan saputangan di pohon, dan esoknya si cewek nikah sama orang lain,,, sad ending,,,
saya penasaran banget judulnya,,,
OST fav.q true love (ordinaru people) dan first love (majo no joken)

budi_ster mengatakan...

Terimakasih. Kalau saya suka cuman suka lagunya aja true love. Itupun karena seseorang yg saya suka di waktu SMA dulu. Belajar gitar dengan lagu itu. 10 tahun lebih saya penasaran dengan filmnya. Tapi cukup baca aja deh dengan blognya mba, semuanya sudah cukup. Terimakasih banyak ya..

nonick mengatakan...

Halo, Mbak Dindra. Wahhh, sayang saya belum pernah menonton dorama tersebut jadi saat diberi tahu referensinya, saya juga blank tidak punya bayangan. Hehehehe. Semoga lekas menemukan judulnya dan bisa mengaksesnya di Youtube atau warnet2 terdekat. Setuju! True Love nya Fuji Fumiya memang nggak pernah mati!


Sama-sama, Mas Budi. Senang rasanya kalau bisa membantu Mas Budi kembali mengenang masa lalu walaupun hanya sebentar. :)

Lely Novienti mengatakan...

suka... jd inget lg ceritanya 😊 mau episode lengkapnya deh 😣

Lely Novienti mengatakan...

suka... jd inget lg ceritanya 😊 mau episode lengkapnya deh 😣

komang sue mengatakan...

Waktu itu umurku 17 th. Persisnya aku lupa tahun berapa pertama kali nontonnya, tapi sampai sekarang aku masih sering nonton walau cuma lewat youtube, kalau di hitung sudah puluhan kali aku tonton.aku suka karakter sonoda narumi, gadis polos yang setia dan jujur dengan perasaanya.

Anonim mengatakan...

drama pertama yg pernah kutonton sebelum k-drama
di jogja banyak warnet yg punya koleksi macam2 film tinggal copy
saran : bawa hd xternal karena pasti ga muat kalo cm bawa fd.